Nasehat Kacang : ' Menangislah Sobat '

Taufik Abu fatih Reply 5:28 AM



Assalamualaikum wr. wb
Salam Kacangers,,
salam terhangat dari saya, seorang penulis amatiran kelas teri.. heee. Tak terasa sudah lama saya tidak mengutarakan opini saya di blog ini sejak tahun 2012 kemaren.kalo postingan lain sih ada.
berbicara tentang menangis , apa yang anda pikirkan? cengeng kah, kalo cowok di bilang bancilah, segala macam kata - kata tak mengenakkan tentunya.
tapi di balik itu semua, ternyata menangis mempunyai banyak manfaat bagi diri kita. malah bisa dianjurkan untuk menangis setiap harinya.

Menurut profesor ir. Taufik Firmansyah ST, MT.. (hee, amin). menangis adalah suatu aktivitas manusia yang secara normal yaitu keluarnya air dari mata di akibatkan oleh hal - hal fisik ataupun non fisik.
secara normal, manusia akan menangis saat mengalami kondisi psikologis yang buruk, bisa sedih, atau duka, bisa terlalu senang atau karena tersentuh benda - benda langsung ke bagian mata.
Riset telah membuktikan , bahwa menangis itu sehat. setelah saya search di internet, banyak sekali artikel tentang menangis. Berikut beberapa manfaat menangis yang saya ambil dari berbagai sumber :

Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.
Menyehatkan hidung
Menangis pun memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung terganggu karena proses pengaturan kelembaban hidung tidak berjalan normal.
Setiap tahun, penderita penyakit ini semakin meningkat. Penderitanya akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.
Bangkitkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi. Dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
Mengurangi stres
Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.
Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.
Keluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.
Bikin mata lebih sehat
Indera penglihatan pun juga terkena efek positif akibat menangis. Air mata mampu menjadi anti bakteri alami bagi mata. Bakteri terbunuh karena kandungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga mengurangi risiko pandangan yang mudah kabur. Jadi, menangis  berguna dalam meningkatkan kemampuan visual seseorang. [berbagai sumber]

Setelah melihat manfaat dari menangis diatas, kalian sobat sobat sekalian, jangan pernah ragu untuk menangis , tetapi sesuai dengan porsi masing - masing. jika kalian merasa dirinya lelaki(cowok), menangislah seperlunya, jangan terlalu di tunjukan di depan umum, saat kalian sendiri, merenunglah dan menangislah.
bagi kaum hawa, menangis memang sudah menjadi sarana untuk mengungkapkan persaan mereka sekarang, tapi semua ada porsinya, semua ada batasannya, jangan terlalu berlebihan. Karena terlalu sering menangis juga tidak bagus, ada kemungkinan akan kehabisan cairan di mata, sehingga mata menjadi kering dan .....(nauzubillah).

Orang yang mudah menangis berarti orang tersebut memilki hati yang lembut, tidak keras seperti batu. karena itulah hati yang sesungguhnya. Dalam ajaran islam ada tingkatan Penyakit hati, di antaranya, ada Hati yang tertutup dan Hati yang membeku. Kalo hati sudah membeku , tamatlah sudah orang tersebut, tidak dapat merasakan kebaikan, penuh kegelisahan, mudah marah.. dll.

Kesimpulan dari bacaan tadi adalah " Menangislah sobat, sebelum menangis anda dilarang. sesungguhnya selemah - lemahnya orang adalah orang yang tak bisa menangis "

Salam dari saya, semoga bermanfaat.. 
Wassalamualaikum wr. wb. ^_^

Related Posts

Kacang 1685383638522498630

Post a Comment

Satu kata sungguh berarti

Search

Follow us

Popular Posts